Visi

Visi: "Terwujudnya kesejahteraan masyarakat sebagai peran partisipatif untuk meningkatkan pembangunan seutuhnya"

Senin, 14 Maret 2011

PNPM Desa Bajulmati

PNPM MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan) merupakan program pemerintah yang ada di Kecamatan Wongsorejo sejak tahun 2009. Tahun 2011 Desa Bajulmati mengajukan program SPP (Simpan Pinjam Perempuan) dan pembangunan Jembatan yang menghubungkan Desa Bajulmati dengan Desa Sidodadi.
Program SPP adalah program pemberdayaan perempuan, dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa membantu menopang perekonomian keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Masyarakat sangat berharap kegiatan tersebut bisa terealisasi karena jembatan ini merupakan sarana yang sangat vital bagi masyarakat dan menjadi pendukung utama bagi aktivitas perekonomian dan pendidikan.
Sarana jembatan sangat dibutuhkan karena masih berupa jalan setapak dan tidak dapat dilewati jika terjadi banjir dimusim hujan. Jembatan ini merupakan sarana transportasi untuk pengangkutan hasil bumi dan juga sebagai sarana pendidikan. Selama ini masyarakat masih kesulitan karena harus mengangkut secara manual yaitu menuruni/menaiki corah yang curam atau dengan berputar ke Desa Sidodadi sehingga cukup memakan waktu, tenaga dan biaya.
Partisipasi masyarakat mempunyai peranan penting dalam rangka terwujudnya kesejahteraan masyarakat guna meningkatkan pembangunan seutuhnya. Keberhasilan pembangunan dapat dicapai bila ada keselarasan antara pembangunan infra struktur, pemanfaatan sumber daya alam serta pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada.
Partisipasi dan koordinasi yang baik antara masyarakat dengan jajaran pemerintah desa menjadi kunci pokok untuk tercapainya pembangunan desa seutuhnya. Dan diharapkan dapat meningkatkan kondisi sosial dan perekonomian desa sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin baik

3 komentar: